Dakwah Silaturrahmi Menggapai Ridho Allah

Minggu, 03 Juni 2012

Pembagian Nazar

Nadzar terbagi menjadi dua :

1. Nadzar lajaj, yaitu : nadzar yang berupa anjuran pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu, atau pencegahan dari melakukan sesuatu atau karena marah dengan mewajibkan pada dirinya untuk melakukan sesuatu. Misalnya : pernyataan “ jika aku berbicara dengan Zaid, maka aku akan berpuasa satu hari ”, dalam pernyataannya “ jika aku berbicara dengan Zaid ” bisa karena didasari marah kepadanya, atau ingin mencegah dirinya dari berbicara dengannya atau hanya karena ingin mendorong dirinya untuk berpuasa.
2. Nadzar tabarrur, yaitu : nadzar yang tidak digantungkan dengan sesuatu apapun atau digantungkan dengan sesuatu yang disukai. Misalnya pertama : “ aku bernadzar puasa hari senin dan kamis ” , misal kedua : “ jika aku sembuh dari penyakitku, maka aku akan bersedekah ”

0 komentar: